REKLAME
Reklame adalah
alat/media untuk menawarkan, mempromosikan, memperkenalkan produk, barang atau orang kepada masyarakat luas dengan menggunakan gambar atau visual dan kalimat yang menarik.
Tujuan utama dalam pembuatan reklame adalah agar suatu produk, barang atau orang untuk dapat dikenal oleh masyarakat luas dan masyarakat memiliki keinginan untuk membeli, memakainya atau memilih.
Ciri-ciri reklame yang baik adalah :
Jelas, Singkat, dan Mudah dipahami. Reklame yang baik harus menggunakan kalimat yang singkat, terlihat jelas, serta dapat dengan mudah dipahami dan dicerna khalayak ramai, kadang dengan bahasa gaul/trend di masyarakat.
Menarik dan mencolok. Reklame yang baik harus memiliki komposisi warna dan bentuk yang mencolok, serta memiliki desain yang menarik, mudah dilihat mata.
Reklame Jujur yang baik memiliki pesan yang apa adanya dan tidak dibuat-buat menyesatkan.
Reklame Sebaiknya dilakukan berulang-ulang. Reklame yang baik harus dipasang berulang-ulang agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui dan mengingat pesan reklame tersebut.
Contoh-contoh produk reklame diantaranya :
Banner, Giant Banner, Spanduk dan Baliho
Selebaran dan Stiker
Logo & Huruf Timbul
BillBoard
Uniform(seragam) , Emblem, dll.
1. Tujuan
Komersial; yaitu jenis reklame yang dibuat untuk
kepentingan bisnis dimana tujuannya adalah untuk mendapatkan keuntungan lebih
besar. Contoh; poster, spanduk, baliho, dan lain-lain.
2. Sifatnya
Peringatan; yaitu jenis reklame bersifat mengingatkan
masyarakat untuk melalukan hal tertentu. Contoh; reklame tertib lalu lintas.
Penerangan; yaitu jenis reklame yang bersifat
memberikan informasi kepada masyarakat umum. Contoh; reklame informasi tentang
kesehatan.
Ajakan/ Permintaan; yaitu jenis reklame yang sifatnya
mengajak atau meminta masyarakat untuk mengikuti ajakan/ permintaan. Contoh;
reklame donor darah, reklame bantuan bencana alam.
3. Lokasinya
Dalam Ruangan; yaitu reklame yang dipasang di dalam
ruangan. Umumnya reklame dalam ruangan berukuran kecil atau sedang dengan bahan
kertas. Contoh; etiket, brosur, leaflet.
Luar Ruangan; yaitu reklame yang dipasang di luar
ruangan dan terpapar sinar matahari. Umumnya reklame outdoor berukuran besar
dan dibuat dengan bahan kedap air dan tahan sengatan matahari. Contoh; spanduk,
papan nama, baliho.
4. Media
Audio; yaitu reklame yang disampaikan melalui suara,
baik langsung maupun tidak langsung. Contoh; iklan di radio, berupa jinggle.
Visual; yaitu reklame yang disampaikan dalam bentuk
visual atau gambar. Contoh; iklan megatron, poster, plakat, spanduk, brosur,
leaflet, billboard, logo, neon box, huruf timbul dan lain-lain.
Audio-Visual; yaitu reklame yang disampaikan dalam
bentuk gambar dan suara. Contoh; iklan di TV, iklan di YouTube.
· REKLAME 163 adalah salah satu Perusahaan Periklanan terkemuka di Indonesia.
· REKLAME 163 menjual neon box, papan nama toko/usaha, sticker cutting sudah siap pasang...
Komentar
Posting Komentar